Pengisisan Tanki Minyak
- Pada saat system pertama kali di jalankan, tank 1 dan tank 2 masih dalam keadaan kosong
- Operator menekan tombol On dan system aktif dengan di tandai menyalanya lampu status menyala.
- Karena 2 tangki dalam keadaan kosong maka V1 dan V2 (valve) aktif dan minyak akan mengalir. Pompa mengalirkan minyak dari sumber.
- Ketika telah mencapai batas penuh, maka minyak akan menyentuh UL1 dan UL2 (Upper Level). Hal ini berakibat V1 dan V2 mati dan minyak berhenti mengalir. Pompa juga berheti beroperasi.
- Secara manual, operator akan membuka V3 dan V4 agar minyak masuk ke kendaraan BBM. V3 dan V4 juga berfungsi untuk mengosongkan tangki 1 dan tangki 2.
- Jika terjadi suatu kondisi dimana minyak tangki 1 kosong namun minyak di tangki 2 masih penuh maka akan terjadi V1 aktif namun V2 mati. Pompa kemudian menyala. Pompa hanya akan mengisi minyak ke tangki 1 saja.
- Kondisi sebaliknya juga bisa terjadi. Jika terjadi suatu kondisi dimana minyak tangki 2 kosong namun minyak di tangki 1 masih penuh maka akan terjadi V2 aktif namun V1 mati. Pompa kemudian menyala. Pompa hanya akan mengisi minyak ke tangki 2 saja.
- Jika kedua tangki kosong, maka V1 dan V2 aktif dan minyak akan dipompa menuju kedua tangki tersebut.
k Keterangan Masukan
Alamat
|
Keterangan
|
0.00
|
Tombol ON/OFF
|
0.01
|
Low level 1 (LL1)
|
0.02
|
Upper level 1 (UL1)
|
0.03
|
Low level 2 (LL2)
|
0.04
|
Tombol kosongkan tanki 1
|
0.05
|
Tombol kosongkan tanki 2
|
Keterangan keluaran
Alamat
|
Keterangan
|
10.00
|
Status mesin hidup
|
10.01
|
Pompa
|
10.02
|
Valve 1
|
10.03
|
Valve 2
|
10.04
|
Valve 3
|
10.05
|
Valve 4
|
Ini adalah hasil pemrograman dengan PLC omron CPM1A softwere CX-Programmer versi saya. Silahkan kalian pahami sendiri. Diagram ladder versi pdf downlod di sini. Jika ada yang salah, kasih komentar saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar