Labels

Function aritmatik pada PLC

PLC juga bisa melakukan perhitungan basic matematika seperti penjumlahan/add, pengurangan/subtraction, perkalian/multiplication, pembagian/division. Fungsi fungsi ini hanya berlaku untuk bilangan BCD saja. Dalam bab ini saya akan langsung membahas semua fungsi matematika yang pernah saya gunakan yaitu function SUB, ADD, MULL, DIV, dalam satu persoalan.


Ketika NO 0.00 diaktikan, Fungsi ADD akan menjumlahkan data 1 dan data 2 kemudian hasil akan dikeluarkan di memori atau keluaran output PLC dalam bentuk biner. Dalam program saya, data 1 yaitu data yang berada dalam data memori 0 (DM0) dan data 2 yaitu berupa nilai konstanta 4. Kemudian hasil perhitungan ditampilkan di data memori 1 (DM1). Syntax fungsi ADD saya adalah ADD DM0 #4 DM1 hasil perhitungan adalah nilai 8 yang hasilnya ada di DM1. Silahkan cek di data memori. 

Jika menginginkan hasil perhitungan dikeluarkan di output PLC maka syntaxnya ADD DM0 #4 10. Hasil akan ditampilkan di output PL C dalam bentuk biner. Silahkan di cek output PLC, maka akan terbentuk angka biner 8 (1 0 0) Cara melihat hasil di Data Memory.




Penjelasan selanjutnya tidak terlalu berbeda jauh dengan fungsi ADD di atas. Untuk syntaknya adalah SUB DM0 #1 DM2


Perkalian dan pembagian, untuk syntak fungsinya adalah perkalian MUL #4 #6 DM3 pembagian DIV DM0 #2 DM4
Catatan
data 1 bisa berisi angka konstanta (#), register IR, SR, AR, DM, HR, TC, dan LR
data 2 bisa berisi angka konstanta (#), register IR, SR, AR, DM, HR, TC, dan LR
destination/hasil perhitungan bisa ditaruh di output PLC (10), register IR, SR, AR, DM, HR, TC, dan LR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar