Labels

TIMER DAN COUNTER


TIMER DAN COUNTER
Timer dan counter memiliki prinsip kerja yang sama, jika suatu kondisi telah terpenuhi, maka eksekusi akan dilakukan. Perlu diperhatikan, TC number untuk instruksi timer dan counter. Dalam sebuah program, masing-masing timer dan counter harus didefinisikan denan TC number yang berbeda. Sebagai contohnya, jika TIM000 telah dipakai maka jangan memakai CNT000, pakailah misalnya CNT001

TIMER
Instruksi TIM berfungsi sebagai ON-Delay dengan penghitungan waktu mundur. Ketika kondisi eksekusinya terpenuhi, maka timer akan melakukan penghitungan wakti dari nilai SV (setting value ) menuju nol dengan resolusi waktu 0,1 detik. Format penulisan functionnya TIM000 #40 (TIM alamat setting value) jika menginginkan timer mundur 4 detik maka tulislah #40 karena resolusi waktunya adalah 0,1 detik.


Jika tombol 1 aktif maka alamat 0.00 akan ter-energizer, function TIM 000 akan mulai menghitung mundur selama  4 detik. Jika belum ada 4 detik tombol 1 nonaktif, alamat 0.00 tak ter-energizer dan syarat belum terpenuhi sehingga kontak Normaly open TIM000 tidak akan aktif. Tombol 1 ditekan kembali dan penghitungan kembali dilakukan dari awal lagi. Ketika kondisi penghitungan mundur selama 4 detik telah terpenuhi maka kontak normaly open TIM 000 akan ter-energizer sehingga lampu alamat 10.00 akan menyala.

COUNTER
Instruksi CNT berfungsi sebagai penghitung atau pencacah mundur. Apa yang dihitung? Yang dihitung adalah perubahan kondisi masukan CP (count pulse) dari OFF ke ON. Ketika kondisi eksekusinya ON, maka setiap kali ada perubahan kondisi masukan CP dari ON ke OFF, maka instruksi CNT akan mengurangi nilai PV-nya ( present value)dengan satu. Perlu diperhatikan, jika instruksi CNT berada dalam interlock section, nilai PV-nya tidak direset ketika kondisi eksekusi interlock tidak terpenuhi. Counter tidak direset meskipun PLC dimatikan. SV counter adalah bilangan BCD, jadi hati-hati jika menggunakan SV selain konstanta.  Format penulisan functionnya CNT001 #5 (TIM alamat setting value).

Ketika tombol 2 ditekan, maka alamat 0.01 akan ter-energizer, CNT 001 aktif kondisi pertama terpenuhi. Ketika tombol 2 ditekan kembali, maka alamat 0.01 akan ter-energizer, CNT 001 aktif kondisi kedua terpenuhi. Hal  ini akan berlangsung selama 5 kali, dan setelah 5 kali maka keadaan set value menjadi 0 menyebabkan kontak normaly open CNT001 ter-energizer sehingga lampu 10.01 menyala. Selama belum dilakukan reset, tombol 2 tidak akan berfungsi. Lampu 2 akan terus menyala sampai reset tombol 3 aktif dan akhirnya lampu 2 mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar